Arpeggio Susah Rapih? Ini Rahasianya!

Arpeggio Susah Rapih - Calon Rocker

Halo teman Calon Rocker! Artikel kali ini kita bakal menjawab kenapa permainan Arpeggio susah rapih dan cara memperbaikinya. Secara tidak sadar, kita cenderung mendapat contoh latihan Arpeggio yang salah. Dan otomatis, kita pun mempelajarinya secara salah.

Penyebab Arpeggio Susah Rapih

Mari kita kupas tuntas penyebab dari kacaunya permainan Arpeggio kita.

Ini contoh yang biasa kita dapatkan…

arpeggio susah rapih
Contoh Latihan Membingungkan Yang Pertama
Penyebab Arepeggio Susah Rapih
Contoh Latihan Membingungkan Yang Kedua

Kalau dilihat dari nadanya, gak ada yang salah dengan dua contoh latihan di atas. Tapi kalau kita lihat dari nilai nadanya, kedua contoh di atas menggunakan Polyrhythm, yang memadatkan jumlah nada yang ganjil dalam satu bar yang (umumnya) memiliki ketukan genap.

Contoh pertama memasukkan 10 nada dalam 1 bar, dan contoh kedua memasukkan 13 nada dalam 1 bar.

Sekali lagi, ini GAK SALAH! Cuma membingungkan untuk dilatih menggunakan metronome atau teman drummer lo yang lagi kurang kerjaan.

Rahasia dan Solusinya

Ini adalah solusi buat lo latihan Arpeggio yang lebih mudah. Rahasianya adalah dengan membuat jumlah nada dalam satu bar menjadi genap, dan menyisakan nada terakhir sebagai nada pertama di bar selanjutnya.

Ini akan memudahkan kita untuk memainkan Arpeggio secara berkesinambungan.

arpeggio susah rapih
Contoh Latihan Arpeggio Pertama

Contoh di atas menunjukkan bagaimana Arpeggio dimainkan mulai dari rootnya (C) dan berpindah posisi (position shifting) di senar ke-3 dengan cara Slide-Up dari fret ke-9 (F) ke fret ke-12 (G).

Dari situ kita melanjutkan ke nada C (senar kedua), lalu E (senar pertama), dan kembali ke posisi awal menggunakan Slide-Down di senar ketiga lagi (fret ke-12 ke fret ke-9).

Ini Contoh Kedua

arpeggio susah rapih
Contoh Latihan Arpeggio Kedua

Contoh di atas menunjukkan bagaimana Arpeggio dimainkan mulai dari rootnya (C) dan berpindah posisi (position shifting) di senar ke-3 dengan cara Slide-Up dari fret ke-9 (F) ke fret ke-12 (G) dan melanjutkannya menggunakan bentuk Arpeggio C Major yang lain.

Perhatikan bahwa kita bisa dengan nyaman kembali ke nada pertama setelah nada terakhir di bar kedua.

Contoh Arpeggio Buat Yang Doyan Ngebut

arpeggio
Arpeggio Sejuta Umat

Arpeggio di atas adalah Arpeggio sejuta umat. Biasanya ini adalah bentuk Arpeggio yang diajarin pertama kali oleh guru kalian. Bener gak?

Kita membuat Arpeggio ini menjadi genap dengan cara “menghilangkan” nada root (C, senar ke-5 fret ke-15), dan menjadikan nada Major 3rd (E) sebagai nada terakhir. Ini akan memudahkan kita untuk kembali ke G (senar ke-4 fret ke-12) dan mengulang-ulang pola Arpeggio ini tanpa takut “lepas” dari tempo.

Mari kita lihat contoh selanjutnya…

arpeggio
Arepeggio Barre Chords

Di atas ini adalah contoh lainnya. Kelihatannya gampang, kan? Padahal untuk mendapatkan bunyi yang bersih di tiga nada bersusun di fret ke-17 lo harus bisa memainkan Finger Rolls.

Untuk cara menggabungkan potongan-potongan latihan tadi, ada baiknya lo tonton dulu video di bawah ini!

Menggabungkan Berbagai Posisi Arpeggio

Segitu dulu buat sekarang!

Gw Calon Rocker, out!

5 Replies to “Arpeggio Susah Rapih? Ini Rahasianya!”

Sapa Calon Rocker!