Cara Mengatasi Hambatan Menjadi Gitaris Yang Lebih Baik

hambatan menjadi gitaris

Halo teman Calon Rocker! Kali ini kita bakal bahas tentang Hambatan Menjadi Gitaris Lebih Baik (dan Cara Mengatasinya). Gw yakin sebagian dari kita pernah mengalaminya, dan sebagian lagi mungkin berhasil terbebas dari hambatan itu dengan cara masing-masing.

Nah, sebelum lo kanjutin baca artikel yang bakal lumayan panjang ini, ada baiknya lo simak dulu video di bawah ini. Siapa tahu jawaban yang lo cari udah ada di dalamnya.

Belum Nemu Jawabannya? Lanjutin baca!

Hambatan Menjadi Gitaris Yang Lebih Baik

Orang “dulu” (atau sampai sekarang?) sering bilang, apa-apa harus lihat sikon, alias Situasi dan Kondisi. Dan itu juga berlaku untuk menjadi seorang gitaris. Dan kalau lo udah menjadi seorang gitaris, hal itu berlaku untuk menjadi gitaris yang lebih baik.

Situasi dan kondisi itu bisa jadi terbentuk sebelum atau sesudah lo memutuskan untuk belajar gitar.

Hambatan Sebelum Lo Mulai Belajar Gitar

Contoh sebelumnya adalah kalau lo mau mulai belajar gitar sementara rumahlo bersebelahan sama rumah ibadah yang udah ada di situ sejak lo lahir. Kalau gini, lo yang musti ngalah.

Gimana kalau lo udah jadi gitaris, lantas beredar surat edaran RT kalau sebelah rumahlo bakal dibangun rumah ibadah?!? Kabar buruk sob, tetep lo yang harus ngalah. Yaeyalah, rumah ibadah!

Kalau yang mau dibangun itu adalah pos kamling, ya ada bagusnya sih. Soalnya setahu gw pos kamling itu adalah fasilitas yang dimaklumi warga sebagai tempat sumber kebisingan. Lo bisa genjrang-genjreng di situ kan?

Hambatan Sesudah Lo Mulai Belajar Gitar

Hambatan sesudah belajar gitar bisa terjadi kalau misalnya lo naik kelas dan harus berurusan dengan jadwal pelajaran dan ekskul yang menyita waktu.

Kalau ekskulnya bisa sambil ngegitar, itu asik! Tapi gimana kalau di ekskul itu udah ada peserta lain yang lebih jago dan termasuk toxic seperti yang gw sebut di video di atas? Bisa-bisa lo kebagian jadi backing vokal doang.

Jujur aja ya, gw gak bisa multitasking dan mood gw gampang drop. Kalau udah hectic dengan kesibukan ini-itu, gw boro-boro mood lihat tuh gitar.

Kok semuanya kaya kartu mati? Solusinya apa?

Solusi Melewati Hambatan Menjadi Gitaris Yang Lebih Baik

Gini, sob…

Dulu, orang harus berprestasi banget dan banting tulang (dan kadang mutusin urat malu) hanya untuk didengar orang. Apapun itu… jadi musisi, pelawak, pantomim… eh pantomim sih gak kedengeran yak?

Intinya, dulu akses untuk bisa eksis itu minim banget!

  • Saluran TV cuma ada satu
  • Mau promo di radio harus punya album dulu.
  • Untuk bisa tampil di panggung harus bayar panitia acara.
  • Jumlah kafe yang menyediakan musik live reguler masih terbatas.

Sekarang, semuanya ada di tanganlo! Secara harafiah… ada di tanganlo! Yaitu.. hape! Ada YouTube, InstaGram, Smule, TikTok blablabla…

Dengan aplikasi-aplikasi tersebut lo bisa bikin konten supaya:

Apa urusannya semua ini dengan menjadi gitaris yang lebih baik? Jelas ada! Karena apa alasan orang belajar gitar kalau ujung-ujungnya bukan untuk dipertunjukkan pada lingkup yang lebih luas?

Mari kita bahas satu-satu…

Jadi Gitaris YouTube

Jangan terlalu napsu untuk kejar 1000 subscriber YouTube dengan cara subforsub alias lo subscribe channel orang dengan balasan orang itu subscribe channel lo juga.

Karena, percaya deh… subscriber “palsu” itu gak bakal menghasilkan uang sepeser pun buat lo. Soalnya YouTube cuma bayar lo kalau iklannya ditonton atau diklik.

Lo tahu kan, gak di mana-mana (kecuali gw) orang yang punya follower lebih banyak dari yang difollow itu udah berasa jadi Selebriti Internet. Jadi jangan terlalu percaya kalau orang yang lo subscribe dalam rangka subforsub itu bakal subscribe channel lo dengan akun aktif mereka.

Gw gak anti subforsub, bahkan gw anjurkan… dengan catatan yang gw jelasin di video di bawah ini…

Cara Dapat 1K Subscriber Setia

Jadi Selebgram

Dengan menjadi Selebgram, lo bisa mendapatkan endorsement berupa produk atau uang sebagai imbalan lo memajang produk endorser di media sosial yang lo punya.

Dan salah satu cara untuk meyakinkan pihak endorser bahwa lo adalah influencer (bintang iklan) yang tepat adalah dengan memiliki konten yang dilihat banyak orang.

Jualan Lagu Online

Hari gini nunggu dilirik produser musik? Lalu dilirik label dan distributor? Basi!

Sekarang dah gak jamannya “ngemis-ngemis” dibantu dukun buat jual albumlo. Bukan cuma di Indonesia, tapi ke seluruh dunia. Bahkan, lo bisa jual lagu lo ke YouTube dan biar para maling backsound “nyumbangin” AdSense ke lo karena ketahuan pakai backsound buatan lo.

Ya lucunya, biasanya si maling tadi lebih rela ngapus videonya daripada nyalurin AdSense ke lo. Lucu kan?

Kesimpulan Tentang Hambatan Menjadi Gitaris

Sederhana sih sob… cari celah untuk berlatih. Celah di waktunya, celah sikonnya juga. Kalau keadaan gak memungkinkan untuk berisik, lo bisa manfaatin waktunya untuk belajar teori, misalnya teori tentang Modes.

Latihan gak perlu kedengeran atau kelihatan orang kok. Dan gak harus bagus, kalau bagus itu namanya pameran. Bukan berarti gak boleh perfeksionis, tapi ya jangan maksain juga sih.

Akhir kata, ingat bahwa lawan terbaiklo untuk mengukur kemajuanlo adalah dirilo sendiri.

Gw Calon Rocker…

…salut lo baca sampai di sini.

Sapa Calon Rocker!