Mengenai IndoDjents

Halo teman Calon Rocker!

Sudah masuk bulan kesembilan buat Calon Rocker untuk belajar gitar lagi dari awal, setelah 15 tahun full tidak pernah menyentuh gitar lagi. Awalnya adalah sejak upload video pertama gw di YouTube, dan gw gak kecewa dengan hasilnya. Silahkan lihat di video YouTube Rewind Calon Rocker ini:
Namun sekarang gw sedang merasakan kejenuhan, meskipun salah satu mantan murid gw bilang kalau gw masih di bawah 50% kemampuan gw waktu jadi tutornya saat itu. Gw sempat jadi tutor gitar, dan baru berhasil menemukan tiga mantan murid gw yang videonya bisa lo tonton di bawah ini:
Dari kejenuhan itu timbul keinginan untuk mencoba yang belum pernah gw coba sebelumnya, dan kebetulan masih banyak peminatnya. Yaitu mempelajari dan mencerna apa yang membuat sebuah lagu terdengar Djent-ish karena main Djent gak cuma modal seteman rendah aja. 
Halaman ini berisi asal mulanya Calon Rocker bikin IndoDjents. Playlist yang berisi proses mempelajari Djent dan penerapannya dalam pembuatan lagu. Namanya proses, pasti ketemu banyak kesalahan. Dan biar gw gak lupa, gw bikin “catatan” gw tentang apa yang gw pelajari dalam bentuk video

Ini adalah video percobaan pertama gw, sebuah original song yang (menurut gw) cukup Djent-ish.

Dan ini adalah percobaan kedua gw yang gw remixed dan remastered, karena ternyata banyak suara instrumen yang gak kedengeran di perangkat para penonton. Salah siapa? Ya salah gw dong karena gak cek dulu sebelum upload!

Video ini gw beri batasan usia 18+ karena penggunaan darah buatan untuk menghindari penonton di bawah umur yang gak tahu bahwa darah buatan yang gw pakai itu adalah darah buatan khusus untuk makeup artist. Gw gak mau dituntut karena ada anak kecil terinspirasi video ini dan malah minum obat merah.

Ini videonya…

Ini adalah versi pertamanya…

Kedengeran banget kan bedanya? Mending mana menurutlo? Kalau gw sih lebih suka versi remixed dan remastered, yang mungkin karena lebih fresh aja.

Link Download

Berikut ini adalah link download lagu-lagu bebas royalti yang bisa lo pakai untuk apa aja, misalnya… latihan improvisasi, jadi backsound videolo, dan lain-lain:

Tutorial Djent

Halaman ini akan terus gw update seiring dengan kemajuan latihan gw, dan memperbaiki kesalahan, serta menambahkan apa yang baru gw pahami dan bisa dibagikan.
Di bawah ini adalah teknik Palm Mute dan Rake yang wajib dikuasai bukan hanya di djent, tapi juga di genre/sub-genre lainnya:

Mengenal Polymeter dan Polyrhythm

Polymeter

Polymeter dalam genre metal dipopulerkan oleh band asal Swedia yang bernama Meshuggah, yang belakangan menghasilkan istilah Djent. Secara sederhana, Polymeter adalah memainkan dua (atau lebih) meter yang berbeda secara bersamaan. Ini mirip dengan Contrapuntal dalam perkusi.
Contoh sederhananya adalah memainkan gitar rhythm 4/4 diiringi drum 6/4 seperti di video ini:

Polyrhythm

Pada Polymeter masing-masing instrumen mempertahankan time signaturenya (6/4, 4/4). Sementara pada Polyrhythm masing-masing instrumen itu “dipadatkan” agar muat dalam satu bar.
Contohnya adalah memainkan nada 6/4 (yang artinya 6 nada 1/4) agar muat dalam bar yang sama dengan 4/4 (4 nada 1/4). Ini yang sering dimainkan gitaris yang suka memainkan licks yang hanya mengutamakan ketepatan waktu start dan selesai. Dalam istilah gitar disebut dengan istilah Floating.

Gw Calon Rocker, sampai jumpa besok!

Halo teman Calon Rocker!