Lampu Untuk Vlogging: Terang dan Ringan

lampu untuk vlogger

Halo teman Calon Rocker! Tentu kalian tahu kalau pencahayaan itu sangat penting dalam pembuatan sebuah video (dan foto). Maka dari itulah kali ini gw akan “merakit” lampu untuk vlogging yang terang dan ringan.

Membuat vlog di luar topik gitar (dan di luar kamar) sebagai konten channel YouTube bikin gw sadar bahwa gw butuh lampu yang mudah dibawa ke mana-mana.

Proses pembuatan video gw mungkin terdengar kontra produktif. Karena gw pada akhirnya sering membuat video yang gelap dan diberi tambahan noise dan efek-efek kotor lainnya.

Gw butuh lampu yang betul-betul terang, sehingga gw bisa membuat efek gelap dengan lebih mudah. Tahu kan kalau video yang dari awalnya dibikin gelap-gelapan bakal keluar noise dan artefak kalau dipaksa terang menggunakan software?

Alasan Gw Harus Merakit Lampu Ini

Lampu kecil yang beredar di pasaran dan katanya simple untuk vlogging gak cukup terang buat gw. Sementara gw gak mau kelihatan terlalu gila juga kalau harus bawa lampu emergency ke mana-mana.

Kebetulan, gw punya lampu LED 160 titik yang bisa diatur intensitas cahayanya dan pernah gw pakai di vlog gw di bawah ini (sebelum lampunya dimodif):

Vlog Calon Rocker Ngomongin Channel Orang

Lampu LED 160 titik ini terang banget buat menerangi interior mobil, namun sayangnya cahaya yang dihasilkannya terlihat harsh atau kasar. Gradasi antara gelap dan terangnya terlihat patah.

Lampu ini dibeli sepaket dengan difuser, namun sayangnya difuser ini gak berfungsi dengan baik, gradasi cahayanya tetap patah.

Gw juga punya difuser balon yang sebetulnya untuk flash. Gak pernah gw pakai karena kalau untuk flash difuser ini gak terlalu ngaruh. Karena itulah gw coba pakai difuser balon ini sebagai pengganti difuser bawaan si lampu LED. Dan hasilnya sangat memuaskan!

Proses Pembuatan Lampu Untuk Vlogging

Tentunya pertama-tama kita harus punya 3 benda ini:

  • Lampu LED 160 titik
  • Difuser balon untuk flash
  • Lakban

Gak ada trik spesial di sini. Intinya hanyalah menyatukan lampu led dengan difuser balon menggunakan lakban.

Pilih lakban berarna hitam, supaya dari jauh lampu kita ini seolah-olah barang pabrikan. Cara nempelinnya bebas. Yang penting rapih!

Hasilnya bisa lo tonton di bawah ini…

Lampu DIY Untuk Travel Vlogger

Sekian dulu buat sekarang.

Calon Rocker undur diri!

Halo teman Calon Rocker!