Latihan Sweep Arpeggio Yang Gak Ngebosenin

Latihan Sweep Arpeggio Gak Ngebosenin

Halo teman Calon Rocker! Mari kita bahas latihan Sweep Arpeggio yang gak ngebosenin. Soalnya, seperti udah sering kita alami, latihan Arpeggio dengan Sweep (yup, Arpeggio dan Sweep itu dua hal yang berbeda) itu membosankan. Padahal, satu-satunya cara supaya lancar adalah dengan melakukannya berulang-ulang.

Latihan Sweep Arpeggio Anti Bosan!

Cara Mensiasati Arpeggio

Polymeter dan Polyrhythm

Lo pasti sering banget melatih Arpeggio ini…

Latihan Sweep Arpeggio 10 nada dalam 5:4
10 Nada Dalam 5/4

Pasti sering, ‘kan? Kelihatannya baik-baik saja, sampai lo sadari bahwa Meter yang gw pakai adalah 5/4. Padahal, lagu yang umum memakai Meter 4/4.

Mari kita lihat contoh tadi dalam Meter 4/4…

10 Nada Dalam 4/4

Lo bisa lihat bagaimana dua nada terakhir menggunakan 2 not 1/8 (fret ke-9 senar ke-3, dan fret ke-10 senar ke-4) dan menyisakan 3 ketukan 1/4 yang bikin kita bengong mau ngapain lagi.

Kalau kita memainkan contoh di atas bersama instrumen lain yang memainkan 5/4, maka kita mendapatkan Polymeter. Atau… kita bisa “memadatkan” 10 nada ini dalam 1 bar 4/4 yang artinya kita mainkan dalam Polyrhythm.

Modifikasi Bentuk Latihan Sweep Arpeggio

Biar gak bikin pusing dengan segala istilah di atas (walauun lo sebaiknya tahu), mari kita coba mensiasati latihan Sweep Arpeggio ini agar lebih mudah dimasukkan ke dalan solo gitar kita.

Ini adalah contoh-contohnya…

Modifikasi 1: Membuang Nada E di 1/8

Dengan membuang nada E (fret ke-12 senar ke-1), maka kita bisa memainkan Arpeggio ini dalam hitungan yang pas (di 4/4). Sehingga kita bisa mengulangnya lagi di bar selanjutnya dengan mudah.

Modifikasi 2: Pengulangan Nada

Hanya mengulang permainan 3 nada di senar ke-1 s/d ke-3, kita juga bisa berlatih menggunakan ketukan yang pas. Di bawah ini adalah contoh penggabungan kedua modifikasi di atas…

Latihan Sweep Arpeggio: Penggabungan
Penggabungan Modifikasi 1 & 2

Selain mengikuti nilai nada 1/8, kita juga bisa menggunakannya dengan triplet (3 nada dalam 1 ketukan) seperti contoh di bawah ini…

Latihan Sweep Arpeggio: Triplet
Modifikasi 3: Triplet

Menggunakan Variasi Teknik Lain

Agar semakin tidak ngebosenin, mari kita gabung dengan teknik lain. Kali ini kita akan menggunakan Slide, berikut Hammer-On, dan Pull-Off.

Arpeggio Dengan Slide dan HO-PO
Arpeggio Dengan Slide dan Hammer-On/Pull-Off

Menggunakan Chord Lain

Seperti kita tahu, Arpeggio adalah memainkan nada-nada pembentuk chord secara satu-persatu. Jadi, gak cuma terbatas dengan chord Major dan minor di atas, melainkan menggunakan chord lainnya juga.

Di bawah ini adalah contoh menggunakan chord CM7…

GM7 Dengan Hammer-On

Jangan lupa untuk memperhatikan arah pickingnya ya.

Selamat bereksperimen dengan menggabungkan bentuk-bentuk di atas. Kalau sudah bisa memainkannya dengan lancar, lantas apa? Apa seluruh solo gitarlo cuma Arpeggio melulu? Itu baru membosankan!

Segitu dulu buat sekarang…

Calon Rocker, out!

2 Replies to “Latihan Sweep Arpeggio Yang Gak Ngebosenin”

Sapa Calon Rocker!