Licks Untuk Awal dan Akhir Interlude/Solo Gitar

Licks Untuk Awal dan Akhir Interlude

Halo teman Calon Rocker! Di blog gw sebelumnya gw pernah bilang bahwa nada paling penting dalam sebuah interlude adalah bagian awal dan akhir. Karena itulah yang akan diingat oleh pendengar atau penontonlo. Maka sekarang gw mau berbagi Licks Untuk Awal dan Akhir Interlude/Solo Gitar.

Skenario 1:

Bayangkan bagaimana malunya lo ketika di atas panggung lo udah berdiri di posisi vokalis bandlo, menyalakan semua efek andalanlo, mulai berpose… Lalu lo memulai interlude/solo di nada yang salah!

Skenario 2:

Bayangkan lo udah berhasil memukau penonton dengan segala macam teknik gitar yang pernah lo pelajari sejak lo pertama kali belajar nyetem… Lalu lo mengakhirnya di nada yang sama sekali gak nyambung sama musik pengiringlo.

Dua skenario di atas memiliki efek yang sama, yaitu… MALU! Dan kalau efek malunya udah sampai bikin ngeblank, lo tonton aja solusinya di video ini…

Cara Membuat Licks Untuk Awal dan Akhir Interlude/Solo Gitar

Kalau lo pernah tanya ke banyak orang, lo pasti pernah nemuin jawaban seperti ini, “pakai feeling aja”, atau “andalin kuping”. Jawaban ini gak salah, tergantung siapa yang ngomong.

Kalau yang ngomong udah punya jam terbang tinggi, lo bisa coba perhatiin cara dia bermain dan pendekatannya dalam bermusik.

Tapi kalau yang jawab ini hanya seorang random yang lo temui di komen facebook… Abaikan aja mahluk seperti ini. Salah lo juga sih, nanya tentang naga kok ke kerumunan cecak? Kemungkinan besar omongan dia basi atau malah sekedar copas!

Tahu kan kalau seseorang mudah terlihat pintar di atas papan ketiknya?

Gw pakai istilah “papan ketik” supaya gak rancu dengan pemain keyboard sebenarnya.

Nah, supaya gw gak jadi seseorang yang random buatlo, mendingan lo SUBSCRIBE dulu channel YouTube Calon Rocker dan amati apakah gw cukup kompeten untuk memberi saran atau gak.

Cara Membuat Licks Untuk Awalan Interlude/Solo Gitar

Untuk awalan interlude, cara paling aman adalah memakai Tonic, alias nada pertama, ke-tiga dan ke-6 dari nada dasarnya.

Misalnya kalau kunci lagu pengiringlo adalah kunci G (yang artinya berisi chord G-Am-Bm-C-D-Em-F#º), maka lo bisa mulai dari nada I(G), III(B), dan VI(E).

Cara memainkannya terserahlo, tergantung efek apa yang mau lo hasilkan atau teknik apa yang paling lo kuasai. Ini adalah beberapa contoh cara memainkan nada tadi:

  • Slide dari nada lain ke nada yang lo mau dan jatuh tepat di ketukan/beat pertama bar pertama. Ini artinya lo bisa mulai slide dari nada yang lo mainkan di beat ke-4 bar terakhir sebelum masuk part solo.
  • Bending naik atau turun dari nada lain ke nada yang lo tuju. Metodenya sama dengan di atas. Pokoknya nada yang lo tuju harus ada di beat pertama bar pertama.
  • Running scale/arpeggio atau jurus apapun yang menjadi penuntun ke nada yang lo tuju. Karena nada ini lebih banyak, lo bisa mulai dari satu bar sebelum part solo dimulai. Intinya, jangan mendarat di nada yang salah!

Cara Membuat Licks Untuk Akhiran Interlude/Solo Gitar

Sebetulnya ini mirip dengan yang gw jelaskan di atas, kecuali… kali ini lo mainkan Tonic di beat pertama setelah part solo gitar berakhir. Nada pendukungnya bisa memakai Dominant (nada II dan IV), atau/dan Subdominant (V dan VII).

Tablature Latihan Licks Untuk Awal dan Akhir Interlude

Slide

Repeating Licks
Licks Untuk Awal dan Akhir Interlude/Solo Gitar
Arpeggio Ascending
Arpeggio Descending
Licks Untuk Awal dan Akhir Interlude/Solo Gitar
Diminished Licks

Segitu dulu buat sekarang,

Calon Rocker, mooo…
Licks Untuk Awal dan Akhir Interlude
Image by xuanzi86410527 on Pixabay

2 Replies to “Licks Untuk Awal dan Akhir Interlude/Solo Gitar”

Halo teman Calon Rocker!