Macam-Macam Picking dan Latihannya Dalam Satu Halaman

macam-macam picking

Halo teman Calon Rocker! Sekarang kita bakal bahas macam-macam picking dan latihannya dalam satu halaman. Satu halaman web, ya… gak tahu kalau diprint jadi berapa halaman. 👻

Picking merupakan sebuah kebiasaan yang paling sulit untuk diubah. Kenapa bisa begitu? Karena untuk menguasai satu teknik picking saja kita secara tidak langsung melatih memori motorik kita untuk bekerja secara “auto-pilot”.

Bayangkan saja kalau pesawat yang secara auto-pilot dari Jakarta menuju ke Surabaya tiba-tiba harus mampir dulu ke AdiSutjipto/Yogya karena pilotnya mendadak ngidam makan gudeg.

Daripada gw cerita terlalu panjang mengenai proses belajar yang gw lalui dan untuk menghemat durasi (dan janji cuma satu halaman), ini adalah playlist lengkap tentang macam-macam picking:

Latihan Macam-Macam Picking

Latihan picking ini gw buat bukan berdasarkan tingkat kesulitan atau mana yang harus dikuasai terlebih dahulu. Gw bikin ini secara acak, jadi pilih aja mana yang menurut lo cocok buat kebutuhan permainanlo.

Macam-Macam Picking

Economy Picking

Economy Picking menggabungkan alternate picking saat bermain di satu senar dengan Sweep Picking di saat pergantian senar. Teknik ini memiliki plus minus.

Plusnya adalah teknik ini intuitif karena arah picking yang searah dengan perpindahan senar (ini definisi Sweep Picking).

Minusnya adalah kita harus merencanakan dulu apa yang akan kita mainkan agar Economy Picking bisa digunakan secara mulus. Ini bisa dilakukan dengan memodifikasi scale yang biasa kita pelajari agar bisa dimainkan dengan Economy picking.

Ini contoh permainan Economy Picking menggunakan scale standard/tanpa modifikasi:

macam-macam picking Economy Picking
Economy Picking

Perhatikan bahwa arah petikan searah dengan arah perpindahan senar. Misalnya di bar pertama, senar ke-6 fret ke-7 (B) berpindah ke senar ke-5 fret ke-3 di bawahnya (C) dengan arah petikan turun (downstroke).

Hal yang sama terjadi dengan di bar ke-7, senar pertama fret ke-5 (A) menggunakan petikan ke atas (upstroke) untuk berpindah ke senar ke-2 fret ke-8 di atasnya (G).

  • Untuk materi lainnya silahkan cek blog lama gw.

Alternate Picking

Alternate Picking lebih sederhana, karena kita hanya perlu melakukan petikan bolak-balik dengan mengabaikan ke arah mana senar yang akan dipetik selanjutnya berada. Ini adalah plusnya.

Untuk minusnya, Alternate Picking sering kali membuat picking kita sering nyangkut. Silahkan baca artikel ini untuk solusi Alternate Picking yang sering nyangkut.

Berikut ini adalah nada-nada yang sama dengan yang di atas, namun menggunakan Alternate Picking:

Alternate Picking

Perhatikan bagaimana semua nada dibunyikan dengan picking yang selalu berganti-ganti arah.

  • Sebagai variasi, lo bisa juga memainkan Modes sebagai pengganti nada-nada di contoh-contoh ini.

Sweep Picking

Seperti telah disebutkan di bagian Economy Picking, Sweep Picking berarti melakukan picking searah dengan perpindahan senar. Bedanya, Sweep Picking tidak mengikut sertakan Alternate Picking di dalamnya.

Salah kaprah yang sering terjadi adalah menyamakan Sweep Picking dengan Arpeggio, padahal itu adalah dua hal berbeda. Tapi kita bahas Arpeggio buat nanti.

Ini adalah contoh Sweep Picking:

macam-macam picking sweep picking denga legato
Sweep Picking dan Legato

Contoh di atas menunjukkan bahwa Sweep Picking gak harus Arpeggio doang, tapi bisa juga digabungkan dengan rangkaian Hammer-On dan Pull-Off (disebut juga sebagai Legato).

Tremolo Picking

Untuk Tremolo Picking, kayaknya lebih asik kalau ditonton aja, soalnya gw dah ngantuk:

Segitu dulu buat sekarang,

Gw Calon Rocker, out!

10 Replies to “Macam-Macam Picking dan Latihannya Dalam Satu Halaman”

Sapa Calon Rocker!