Ostinato: Definisi dan Penerapannya Untuk Nge-Djent

Ostinato Gak Cuma Buat Drums

Halo teman Calon Rocker! Kali ini kita bakal bahas tentang Ostinato. Ostinato yang dibacanya “Astenadto” ini berarti pengulangan sebuah pola dalam bermusik. Dalam dunia gitar kita mengenal ini dengan sebutan riff.

Kalau lo tahu apa itu riff, lo kayanya gak perlu lanjutin baca artikel ini… buang-buang waktu!

Tapi kalau lo mau tahu tentang cara penerapan Ostinato aka Riff dalam sebuah lagu biar kedengeran nge-Djent, tonton dulu video ini:

Video Tentang Ostinato

Latihan Ostinato Polyrhythm

Kalau lo masih blank apa itu Polyrhythm dan Polymeter, ada baiknya lo selesaiin dulu baca artikel khusus tentang ini.

Latihan ini asiknya dimainkan berduaan atau ramean sekalian, sama sesama gitaris atau pemain instrumen lainnya. Misalnya lo mainin 4/4 dan temanlo mainin 6/4 secara bersamaan.

Langsung aja ke contoh pertama dalam 4/4 vs 6/4 Polyrhythm, yang akan disusul contoh dalam “meteran” lainnya.

Contoh Ostinato Dalam 4/4
Contoh Ostinato Dalam 6/4

Yang harus dilakukan dengan dua tablature di atas adalah memainkannya bersamaan dengan start dan ending yang bersamaan juga. Jadi aksentuasi akan berada di setiap ketukan pertama dalam tiap bar.

Latihan Dalam Polymeter

Polymeter lebih mudah dipraktekkan daripada Polyrhythm (tergantung banyak hal), karena nilai nada yang dipakai sama. Jadi, ya lo tinggal kompakan ikutin metronome secara berbarengan dengan lawan main lo.

Yang bikin rumit adalah, karena aksentuasi dalam Polymeter itu lebih “aneh”. Jadi kalau lo sampai gak konsen, bisa dijamin permainanlo acak-acakan.

Cek video di bawah ini kalau belum, dan perhatikan letak aksentuasinya:

Pola 1 Dalam 4/4
ostinato
Pola 2 Dalam 6/4

Kedua contoh 4/4 dan 6/4 tadi akan terlihat seperti ini bila dimainkan bersamaan:

ostinato
Pola 1 Dalam 6/4
ostinato
Pola 2 dalam 4/4

Yang harus dilakukan dengan dua tablature di atas adalah memainkannya bersamaan dengan start dan ending yang bersamaan juga. Jadi aksentuasi akan berada di setiap ketukan pertama dalam tiap bar.

Tentu saja kedua pola di atas belum menjadi bentuk sebuah lagu, jangan buru-buru. Nanti kita pasti sampai ke sana kok. Sementara ini, pakai dulu saja untuk berlatih dan bereksperimen.

Kesimpulan

Ostinato akan menambah variasi dan “kesan pintar” dalam permainan rhythm maupun lead kalian, tapi jangan asal rumit, karena seni itu ada untuk dinikmati.

Misalnya kemarin gw diperdengarkan lagu A7x oleh teman gw, dan gw bilang, “gila ya, ini kaya diajak menjauh, menjauh…”. Dan ternyata bener aja, temen gw bilang itu lagu tentang Big Bang Theory. Itu… cerdas!

Segitu dulu buat sekarang,

Calon Rocker, undur diri!

One Reply on “Ostinato: Definisi dan Penerapannya Untuk Nge-Djent”

Sapa Calon Rocker!