Sound Gitar Tebal dan Sangar: Cara Membuatnya

Sound Gitar Tebal dan Sangar

Halo teman Calon Rocker! Kali ini topik kita adalah Sound Gitar Tebal dan Sangar. Serem kan? Makanya lanjutin baca aja, karena kita bakal bahas gimana cara bikinnya!

Cara membuat distorsi gitar atau distorsi efek gitar metal memang susah-susah gampang. Kalo gak ngomongin merk, pasti ngomongin harga, kalo dah mentok baru ngomongin selera.

Inget ya sob, bagus itu relatif, tapi jelek itu absolut!

Buat gw, efek gitar metal terbaik masih Tubeman Plus gw ini, kenapa? Ya karena gw punya efek gitar cuma Tubeman Plus ini dan Zoom Vams GM-200. Ya selain efek gitar sederhana (karena gratisan) yang ada di gadget gw.

Kita bakal bahas gimana cara membuat efek gitar distorsi sederhana dan sound efek gitar menggunakan apa yang kita sudah punya. Soalnya, kalo ngomongin apa yang belum kita punya… tar jadi banyak maunya dan gak beres-beres walaupun lo udah jatuh miskin.

  • Oh iya, picking juga sangat berpengaruh pada sound yang dihasilkan gitarlo. Coba simak artikel tentang picking ini!

Saat gw nulis ini, gw baru ganti earphone dan sadar kalau suara video ini (yang selama ini menurut gw bagus) gak sebagus apa yang gw denger pake earphone lama.

Bagian Pertama

Kalo jadi… rencananya gw akan remake video ini. Kalo jadi ya…

EDIT: Udah jadi! Tonton video di bawah ini!
Bagian Kedua

Lagi Seret Quota? Lanjutin Baca Cara Bikin Sound Gitar Tebal Ini

Ada beberapa cara untuk membuat sound gitar tebal dan sangar. Di bawah ini adalah list random dan gak harus dilakukan berurutan walaupun bisa dipakai sebagai bahan eksperimen:

  • Gunakan Gain secukupnya, lalu tumpuk (layering) pada saat rekaman. Ini akan menjaga detail permainan gitarlo dengan lebih baik daripada layering dengan high-gain dan akhirnya soundlo terdengar “menggulung” atau rumbling.
  • Gunakan teknik red recording untuk LIVE, dengan teknik ini lo push semuanya sampai maximum baru lo atur volumenya dari master volume. Ini bagus untuk LIVE tapi gak gw sarankan untuk recording (walaupun namanya red recording).
  • Red Recording untuk recording. Prinsipnya sama, hanya saja lo butuh bantuan operator untuk mengatur semuanya dari mixer. Percaya deh, sound engineer sekolah mahal-mahal untuk melakukan tugas ini.
  • Kembali untuk layering, lo bisa mainin gitarlo yang low-gain dalam beberapa posisi atau bentuk. Ini seru sob! Karena lo seperti membuat sebuah ensamble dan hasilnya unik banget.

Segitu dulu buat sekarang.

Calon Rocker, out!

2 Replies to “Sound Gitar Tebal dan Sangar: Cara Membuatnya”

Sapa Calon Rocker!