Surprise Kombo, Dua Endorser Sekaligus!

Calon Rocker dapat Endorse Senar

Halo teman Calon Rocker!

Baru kemaren gw mutusin senar gitar dua sekaligus. Hari ini gw dapet surprise dua sekaligus juga. Yaitu, dua tempat berbeda yang gw kirimin permohonan buat jadi influencer “mengabulkan” pengajuan gw secara bersamaan.

StorAn
StorAn

Yang pertama adalah dari StorAn yang mengirimkan gw satu set senar secara cuma-cuma. Asik, kan? Lo bisa cari StorAn di Bukalepek atau langsung aja klik di sini.

Mau tahu seperti apa? Cek aja video tentang “waktu yang tepat untuk mengganti senar” di bawah ini:

StorAn | Endorser Senar

Endorser kedua adalah DviPantaraHosting yang gw kenal melalui Bapak Surahman, pengasuh Simple Channel di YouTube yang berisi berbagai macam tips dan tutorial seputar dunia web.

Gimana Gw Bisa Dapetin Endorser?

Kayanya justru untuk bagian ini lo dateng ke halaman web ini kan? Tenang, gw bakal jelasin cara gampang dapat endorser di YouTube sebentar lagi.

Ini bukan proses instant, dan percaya deh… gw banyak banget ngirim penawaran ke sana-sini dan yang respon cuma dikit, itu pun isinya penolakan. Nyesek gak? Tapi… dari situ gw sadar bahwa gw bikin kesalahan. Yaitu… gw serakah! Gw tulisin contohnya di bawah ya…

Jadi influencernya sendiri sebetulnya mudah, tinggal kirim permohonan ke pihak yang kira-kira sudi menjadi endorser. Tapi ada triknya sob! Lo gak bakal ditengok sama perusahaan kosmetik kalau isi YouTube lo itu tentang cara ngecor beton.

Nah, inilah letak serakah yang gw sebut tadi! Gw juga melakukan kesalaha yang sama. Gw kirim penawaran ke restoran untuk bikinin mereka video lagi makan dan masukin ke YT dan InstaStory. Barangkali mereka lihat portfolio gw ya… pake topeng kok bikin video lagi makan?!?

Nah, berdasarkan pengalaman di atas… Sini, gw bikinin list-list yang lo perluin sebelum lo dapet endorser dan jadi influencer:

  • Portfolio memadai dan temanya spesifik.
  • Kirim penawaran ke “calon endorser” yang sesuai tema yang lo pakai aja.
  • Pasang harga yang masuk akal!
  • Gabung ke penyedia layanan/agensi perantara calon influencer dengan calon endorser, misalnya Instaporta (ini yang gw pakai).

Portfolio dan Temanya

Hari gini lo gak perlu portfolio yang digarap sama fotografer atau desainer handal, sob! Lo cuma butuh jadi “alay” di sosial media. Kalo sosmed lo banyak temen, followers, subscribers… lo udah setengah jalan.

Pertanyaannya adalah… Apakah banjir postinganlo itu mewakili sesuatu? Ribuan postinganlo gak bakal dilirik calon endorser kalau isinya cuma lo curcol atau nangis gak keruan lantaran harga cabe naik.

Ya bebas-bebas aja sih kalo lo orang yang gila empati dengan curcol masalah pribadilo di media sosial. Tapi, kalau mau jadi influencer… minimal bikin akun kedualah yang khusus buat lo “tebar pesona” sebagai calon influencer.

Temanya harus sesuatu yang bisa lo bikin rutin dengan biaya seminimal mungkin. Inget loh, lo bakal butuh ratusan bahkan ribuan postingan buat mancing follower/subscriber dan akhirnya dilirik oleh calon endorser.

Lo gak mau kan “rugi bandar” gara-gara postinganlo yang high-end itu ternyata gak jadi apa-apa?

Gabung ke Penyedia Layanan

Ini penting banget! Karena lo bisa lihat dari awal harga yang ditawarkan calon endorser, dan hanya perlu bikin pengajuan ke perusahaan yang sesuai dengan tema lo. Itu yang berlaku di tempat gw bergabung, Instaporta <~ Klik!

Segitu dulu untuk sekarang, Calon Rocker undur diri!

Sapa Calon Rocker!