Tutorial Power Chords Bahasa Indonesia (With English CC)

power chords

Tutorial Power Chords

Halo teman Calon Rocker! Sekarang kita akan mengulas tentang: Tutorial Power Chords Bahasa Indonesia | Pedal Tone Riffs, Power Chord Dalam Family Chords dan Formula Power Chords, dan Power Chord Double 5th (Chord 5 1 5).

Bagaimana Power Chord Terbentuk?

Power Chord adalah sebuah penyederhanaan dari chord utuh (hampir mirip Broken Chord). Kita sudah tahu bahwa chord Mayor adalah nada 1-3-5 yang dibunyikan bersamaan, dan chord minor adalah nada 1-b3-5 yang dibunyikan bersamaan.

Selain chord Mayor dan minor, kita juga memiliki chord minor b5 dengan formula (1-b3-b5) yang sering disebut juga dengan nama Diminished.

Dengan “membuang” semua nada 3 (dan b3) dalam formula chord, kita akan mendapatkan Power Chord. Yup, sesederhana itu!

Kita bisa lebih bebas memilih jalur nada yang dipakai pada tiap chord dengan membuang nada 3 (yang merupakan identitas chord Mayor), dan b3 (yang merupakan identitas chord minor).

Namun, Power Chords ini juga bisa jadi jebakan kalau dalam sebuah chord progression terdapat Power Chords yang berdampingan dan gak sengaja membuat phrasing yang kita lakukan jadi salah langkah.

Formula Power Chords

Untuk memperjelas tulisan sebelumnya di atas, Formula Power Chords adalah 1 dan 5, tanpa menyertakan not ketiga (atau b3 untuk minor). Ini memberi kita kebebasan berimprovisasi diiringi power chords.

Setiap KUNCI memiliki Family Chords yang berisi 7 CHORD. Dan tiap chords itu bisa kita mainkan dengan menggunakan power chord. Tapi…? Tonton deh.

Lebih Jelas Dengan Menonton

Power Chords Dalam Family Chords

Ini adalah tabel pembanding antara Family Chords sesungguhnya dengan Power Chords (1-5). Mari kita mulai dengan Do=C (chord Mayor tidak wajib menuliskan M, sementara chord minor menggunakan m kecil):

  1. C – C5 (1-5)
  2. Dm – D5
  3. Em – E5
  4. F – F5
  5. G – G5
  6. Am – A5
  7. Bmb5 – BUKAN B5! (lanjutkan membaca)

Chord Bmb5 (B minor flat 5) tidak bisa diwakilkan oleh B5, karena formula Bmb5 adalah 1-b3 (membentuk chord B minor karena nada ke-3 yang di turunkan 1/2 [flat 3]) ditambah b5 (yang membentuk diminished).

Kembali contoh dalah Do=C. Notasi pembentuk C Natural Major (Mayor Natural) adalah:

C-D-E-F-G-A-B

Apabila kita memakai B5, maka formulanya menjadi B-F#, padahal nada F# tidak ada dalam jalur nada (scale) C Mayor Natural. Maka, alih-alih menggunakan F#, kita gunakan F dalam scale C Mayor Natural, yaitu F.

Agar F# menjadi F, kita harus menurunkan F# sebanyak 1/2 nada, maka muncul b5.

  • Percaya deh, ini bakal lebih jelas kalau ditonton daripada dibaca.

Jalur Nada Atau Modes Apa Yang Bisa Dimainkan Bersama Power Chord?

Seperti ditulis di atas, Power Chord bisa memberikan kita kebebasan dalam memilih scale, atau malah jadi jebakan Batman (nanananananana)

Kita bisa lebih bebas memilih jalur nada yang dipakai pada tiap chord dengan membuang nada 3 (yang merupakan identitas chord Mayor), dan b3 (yang merupakan identitas chord minor). Namun, Power Chords ini juga bisa jadi jebakan kalau dalam sebuah chord progression terdapat Power Chords yang berdampingan dan gak sengaja membuat phrasing yang kita lakukan jadi salah langkah.

Tulisan di atas…

Untuk mengetahui jalur nada atau modes yang bisa kita pakai untuk power chords, kita akan mengikuti posisi nada ke-5 dan menerapkannya dalam Modes:

Modes Yang Bisa Dipakai Pada Power Chord yang mewakili chord Mayor

  • Ionian: 1-2-3-4-5-6-7 <- Memiliki nada 1-3-5
  • Dorian: 1-2-b3-4-5-6-b7 <-Memiliki nada 1-5
  • Phrygian: 1-b2-b3-4-5-b6-b7 <-Memiliki nada 1-5
  • Lydian: 1-2-3-b4-5-6-7 <-Memiliki nada 1-3-5
  • Mixolydian: 1-2-3-4-5-6-b7 <-Memiliki nada 1-3-5
  • Aeolian: 1-2-b3-4-5-b6-b7 <- Memiliki nada 1-5

Gabungan semuanya: 1-b2-2-b3-3-b4-4-5-b6-6-b7-7
Pada jalur nada di atas kita menemukan beberapa tempat yang menjadi Kromatik (Chromatic).

Bisa kita lihat bahwa dengan Power Chords kita bisa mengabaikan sifat “asli” (Mayor/minor) sebuah chord dengan penggunaan b3 dan 3 secara bersamaan dan tetap memiliki nada 5 di dalamnya.

Modes Yang Bisa Dipakai Pada Power Chord yang mewakili chord minor

  • Ionian: 1-2-3-4-5-6-7 <- Memiliki nada 1-5
  • Dorian: 1-2-b3-4-5-6-b7 <- Memiliki nada 1-b3-5
  • Phrygian: 1-b2-b3-4-5-b6-b7 <-Memiliki nada 1-b3-5
  • Lydian: 1-2-3-b4-5-6-7 <- Memiliki nada 1-5
  • Mixolydian: 1-2-3-4-5-6-b7 <- Memiliki nada 1-5
  • Aeolian: 1-2-b3-4-5-b6-b7 <- Memiliki nada 1-b3-5
  • Locrian: 1-b2-b3-4-b5-b6-7 <- Memiliki nada 1-b3

Gabungan semuanya: 1-b2-2-b3-3-b4-4-b5-5-b6-6-b7-7

Bisa kita lihat bahwa dengan Power Chords kita bisa mengabaikan sifat “asli” (Mayor/minor) sebuah chord dengan penggunaan b3 dan 3 secara bersamaan dan tetap memiliki nada 5 di dalamnya.

Pada Power Chord yang mewakili chord minor b5

  • Locrian: 1-b2-b3-4-b5-b6-7 <- Memiliki nada 1-b3-b5

Pada chord minor b5, kita juga bisa menggunakan Diminished Scale yang memiliki ututan interval 1/2-1-1/2-1 dst (tergantung mulai dari mana). Kelebihan dari Diminished scale adalah karena semua nada di dalamnya bisa kita anggap sebagai nada ke-7 (Si).

Tutorial Power Chords: Kesimpulan Penggunaan Modes Untuk Power Chords

Meskipun terlihat bebas-bebas saja, namun tiap Mode memiliki tingkat keeratan yang berbeda dengan chord yang diwakilinya (ditunjukkan dengan huruf tebal).

Jadi, kalau kebetulan lo adalah seorang gamer, bisa dianggap nada yang dibuat tebal sebagai Safe Zone. Bukan gamer? Tanya dong sama yg gamer. Hahaha…

Mari kita lanjutkan ke Pedal Tone!

Apa Itu Pedal Tone?

Pedal tone artinya kembali ke satu nada yang sama dalam sebuah phrase. Sementara, Riffs adalah sebuah pengulangan pola permainan nada. Jadi, Pedal Tone Riffs adalah permainan sebuah pola nada (termasuk phrasing kalau diulang-ulang) yang selalu kembali ke nada yang sama.

Tablature Latihan Tutorial Power Chords

Berikut ini adalah Licks seperti yang ditunjukkan dalam video:

Tutorial power chords licks
Descending Licks 1-5
tutorial power chords lick 02
Ascending Licks 1-5-9
Tutorial power chords
Riff Dengan Pedal Tone Open E
tutorial pedal tone double 5th
Tutorial Pedal Tone Double 5th

Kesimpulan Tutorial Power Chords Kali Ini

Meskipun Power Chords bisa berdiri sendiri, namun pemakaiannya akan lebih efektif bila disampaikan dalam bentuk sebuah riff, atau bekerja sama dengan instrumen lainnya.

Segitu dulu buat sekarang,

Calon Rocker, out!

Halo teman Calon Rocker!