Upload Video di Vimeo Calon Rocker

upload di vimeo calon rocker

Halo teman Calon Rocker! Kali ini gw mencoba upload video di Vimeo. Konon, Vimeo termasuk pesaing terbesar dari YouTube namun dengan aturan main yang berbeda. Apa aja perbedaanya?

Bumper In | Calon Rocker from Calon Rocker Official on Vimeo.

Monetisasi

Topik ini gw taruh di urutan teratas, karena jujur aja deh… bagian ini adalah bagian paling menarik untuk content creator. Hanya untuk passion? Pret… kentut. Upload di Twitter atau Facebook aja kalau gak mikirin monetisasi.

Sebetulnya bisa, tapi terlalu banyak koprol sana-sini sampai video kita betul-betul termonetisasi. Ujung-ujungnya gak lebih dari sekedar portfolio untuk mendapatkan endorsement atau meyakinkan konsumen untuk memakai link affiliasi kita.

Seperti contoh di bawah ini:

  • Harap membantu Calon Rocker untuk melestarikan website ini dengan klik link ini: KLIK DI SINI!

Affiliasi dan endorsement memang menghasilkan uang, tapi ini di luar bahasan kita di mana video yang kita upload itu yang betul-betul menghasilkan uang.

Vimeo memiliki komunitas pengguna dan content creator. Tidak seperti YouTube, Vimeo membatasi jumlah upload (untuk pengguna gratisan). Vimeo telah memakai sistem pengguna berbayar yang mirip YouTube Premium.

Banyak orang melirik Vimeo (termasuk gw), karena konon persyaratan minimumnya tidak “sekejam” YouTube yang mengharuskan kita minimal punya 1.000 subscribers dan 4.000 jam tayang.

Info terakhir yang gw baca adalah kita akan mendapatkan pembagian hasil dari video kita yang ditonton oleh pengguna Vimeo. Pembagian hasil ini dimulai setelah mengikuti persyaratan di sini.

Tampilan

Tampilan Vimeo terasa asing buat kita yang terbiasa dipandu oleh uploader YouTube. Hampir semuanya kita lakukan secara manual (atau mungkin ini hanya untuk yang gratisan).

Percobaan Upload Video di Vimeo

Sebagai percobaan upload video di Vimeo, gw memakai playlist comotan dari YouTube, yaitu playlist background musik bebas royalti. Karena gw masih bingung antara upload video (aja), upload kategori, dan collections.

Di dalam Collections gw masih harus memilih antara Movies, Series, dan Playlist. Sementara gw pakai Playlist musik bebas royalti karena hanya di playlist itulah gw mengupload secara berurutan.

Selamat mencoba,

Calon Rocker out!

Halo teman Calon Rocker!